Tip dan Trik seputar hardware

Hardware atau perangkat keras tidak lepas dari masalah-masalah yang menghambat kerja komputer atau bahkan membuat komputer tidak dapat bekerja/dinyalakan. Pernahkah sobat mengalami masalah-masalah pada hardware komputer sobat? Apa yang selanjutnya sobat lakukan setelah mengetahui hardware sobat bermasalah? . Bagi kebanyakkan orang, langsung membawa komputer yang bermasalah ke penyedia reparasi komputer.

Sebenarnya menggunakan jasa reparasi adalah jalan keluar terakhir untuk mengatasi masalah komputer. Banyak kerusakan hardware yang disebabkan kesalahan kecil yang dapat kita perbaiki sendiri dengan mudah dan cepat.

Selain dapat menghemat waktu dan biaya, sobat juga akan mendapatkan pengalaman berharga yang dapat membuat pengetahuan sobat lebih maju dan berkembang.

11

Nah, maka dari itu, pada postingan kali ini. Ana mencoba berbagi Tips mengenai Mengatasi Masalah-masalah Hardware yang Sering Terjadi pada Komputer…, khususnya pada bagian CPU dan komponen-komponen di dalamnya serta beberapa perangkat lain selain yang berada dalam CPU.
Tidak lupa pula, kita juga kan membahas tentang perawatan komputer agar terbebas dari masalah dan kerusakan.

PERBAIKAN HARDWARE

1. Motherboard

Kita telah mengenal motherboard/mainboard.akan banyak sekali masalah-masalah yang dapat terjadi pada motherboard, namun dalam perbahasan kali ini kita hanya akan menjelaskan tentang satu masalah yang sering terjadipada hardware ini

Masalah 1:mengatasi hang pada motherboard

Ciri-ciri motherboard yang hang dapat kita amatisaat booting awal komputer.jika komputer dalam keadaan yang baik,maka akan tampil proses dan tampilan dari komputer.namun,jika motherboard mengalami hang,maka tampilan proses booting yang biasa nya muncul tidak akan muncul dan komputer tidak bisa di nyalakan.dan layar monitor tidak mengalami proses.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka penutup CPU komputer

2. Periksa apakah kabel dan penghubung-penghubung dalam CPU terkoneksi dengan baik.

3. Ciri-ciri motherboard yang heng juga dapat disebabkan oleh perangkat komputer yang lain. jadi, periksalah perangkat komputer yang lain,seperti hard disk,RAM dan VCA card.

4. Setelah anda periksa dan perangkat tersebut dalam keadaan baik, maka kita mulai melihat motherboard.

5. Dalam mengatasi masalah motherboard seperti ini,kemungkinan besar terletak pada batrai yang terdapat pada motherboard

6. Lepaskan batrai chmos dari tempatnya

7. Hidupkan lagi komputer seperti biasanya

8. Setelah komputer dihidupkan,lihat pada waktu dan tanggal pada sistem komputer.waktu dan tanggal tidak sesuai karena batrai chmos yang dilepas merupakan batrai yang digunakan untuk mengatur waktu dan tanggal.

9. Setelah itu matikan komputer.

10. Letakkan batrai chmos pada motherboard.

11. Hidupkan komputer kembali.jika komputer kembali mengalami kesalahan pada proses booting,ganti batrai chmos dengan batrai yang baru.

12. Setelah semuanya berjalan dengan lancar,lakukan setting ulang pada waktu dan tanggal.

Setelah berhasil mengatasi masalah pada motherboard,anda dapat mencoba mengatasi masalah perangkat keras yang lain. Untuk perangkat keras lainnya, di tunggu ya update terbarunya,.

Nah…
demikian aja cara Mengatasi Masalah-masalah Hardware yang Sering Terjadi pada Komputer… pada kesempatan kali ini baru mengenai

Motherboard

. Untuk perangkat lainnya akan di update dalam waktu dekat,.
Terimakasih…

Sumber : Sumber : YanSimbaPatria. 2010.Trik Mengatasi Masalah Komputer Sehari-hari untuk Pemula.PT Elex Media Komputindo : Jakarta

Description: Mengatasi Masalah-masalah Hardware yang Sering Terjadi pada Komputer (Motherboard)… Rating: 4.5 Reviewer: Salman Syuhada ItemReviewed: Mengatasi Masalah-masalah Hardware yang Sering Terjadi pada Komputer (Motherboard)…